asset-transfer-software

Mutasi karyawan, pergantian personil dan penambahan cabang atau kantor usaha berpengaruh dalam catatan aset-aset yang digunakan dalam sebuah bidang usaha atau bisnis.
Sebagai contoh:

Mesin fotokopi (aset) yang berlokasi di kantor pusat A akan dipindahkan untuk mendukung kegiatan kantor cabang B. Catatan mengenai lokasi aset mesin fotokopi tersebut akan berpindah dari kantor pusat ke kantor cabang. Dimungkinkan Cost Center terhadap aset tersebut akan ditransfer dari kantor pusat ke kantor cabang.

Perpidahan aset diatas akan dicatat dalam modul Asset Transfer yang akan mencatat perpindahan lokasi aset dan perpindahan cost center.

Cost Center
Pusat Biaya atau Cost Center adalah unit/divisi dalam organisasi yang bertanggung jawab atas biaya yang dikeluarkan untuk sebuah aset. Dalam sebuah organisasi, Cost Center dibebankan ke masing-masing departemen (contoh: Human resources departmen, IT departmen, Marketing departemen).

cost center department

Kinerja pusat biaya diukur dengan membandingkan biaya aktual dengan biaya yang dianggarkan untuk periode waktu tertentu. Asset Transfer akan mencatat detil data asset yang dipindahkan (ditransfer) dari lokasi satu ke lokasi lain dan dari cost center satu ke cost center lain sehingga data mengenai asset yang dipindahkan tersebut tetap tercatat dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

7 + 1 =